Bedah Rapor Mutu oleh Ibu Pengawas SMK Dr. Mv Sri Hartini, HS. M.Hum.

Mutu pendidikan yang baik sangat berpengaruh pada terciptanya generasi yang terdidik dan berakhlak. Hal inilah yang menjadikan rapor mutu pendidikan sangat penting untuk menjamin peningkatan mutu pendidikan tersebut. Tidak hanya berfungsi untuk menjamin perencanaan pendidikan saja, namun juga pada pendidik atau guru. Dengan begitu proses pendidikan bisa terlaksana dengan baik dan lancar sesuai standar nasional.
Rapor mutu pendidikan merupakan sebuah data hasil dari proses pengolahan data yang sangat membantu setiap layanan pendidikan untuk meningkatkan jaminan mutu pendidikannya. Mulai dari perencanaan pendidikan, kualitas kontrol, hingga lainnya secara baik dan sesuai standar.

Kamis, 19 Mei 2022 SMK Negeri Matesih mengadakan kegiatan Bedah Rapor Mutu, yang dihadiri oleh Ibu Pengawas SMK Dr. Mv Sri Hartini, HS. M.Hum. Selain melaksanakan kegiatan Bedah Rapor mutu, Pengawas juga menyampaikan materi tentang Rapor Pendidikan.
Pada kegiatan ini ketua TPMPS SMK N Matesih, Dani Rahmat Setiawan, S.Pd yang memaparkan dokumen rapor mutu tahun 2021.
Manfaat Rapor Mutu untuk SMK N Matesih diantaranya untuk :
• evaluasi diri sekolah
• peningkatan mutu pendidikan sekolah
• menunjang program BOS
• membantu sekolah menghadapi persiapan akreditasi

Pengawas menyampaikan, Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi. Peluncuran platform Rapor Pendidikan didasari oleh Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan Oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam menganalisa, merencanakan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan. Data yang disajikan objektif dan andal karena laporan tersaji secara otomatis dan terintegrasi. Rapor pendidikan juga berfungsi sebagai instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).

Rapor Pendidikan memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan Rapor Mutu. Rapor Mutu mengukur delapan indikator capaian pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan menggunakan data yang bersumber dari Dapodik dan hasil penginputan langsung oleh sekolah melalui aplikasi EDS. Sedangkan Rapor Pendidikan mengukur indikator yang disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan yang diturunkan dari delapan Standar Nasional Pendidikan. Satuan pendidikan juga tidak melakukan pengisian (input) data ke aplikasi, namun data diambil dari berbagai sistem dan sumber data yang sudah ada, seperti Dapodik, SIMPKB, AN, BPS, dan sumber lain yang relevan.

SMK N Matesih harus segera membuat 3 Tim Kerja yaitu :
1. 8 SNP
2. 8+I
3. APM
Untuk menyusun Rapor mutu SMK N Matesih, hasilnya nanti berupa : Dokumen Rapor Mutu dan Evaluasi Diri Sekolah
Kegiatan di tutup dengan memberikan PR penyusunan Rapor Mutu SMK N Matesih, yang harus segera diselesaikan pada bulan Juni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *